Senin, 25 Maret 2013

Wisata Alun Alun Kidul Jogja

Mantan Ibukota Indonesia yaitu Daerah Ibukota Yogyakarta merupakan salah satu kota yang juga kaya akan Objek Wisata, mulai dari wisata pantai hingga wisata budaya, nah salah satu objek wisata yang terkenal di Kota Pendidikan ini adalah Wisata Alun Alun Kidul Jogja. Tempat ini adalah peninggalan dari Kerajaan Yogyakarta dulunya dan sekarang sudah menjadi tempat wisata bagi para penduduk Jogja dan wisatawan, dan berikut lebih lengkap mengenai Wisata Alun Alun Kidul Jogja.



Alun Alun Kidul atau biasa juga disebut dengan nama 'Alun Alun Selatan' karena letaknya memang berada di sebelah selatan keraton Jogja atau di sebelah belakangnya. Alun alun yang terletak di belakang keraton jogja ini dikelilingi oleh tembok memiliki luas persegi dengan 5 buah gapura. Nah di alun alun ini juga terdapat sebuah kandang besar yang bernama ngGajahan, tempat tersebut dulunya dijadikan sebagai tempat untuk memelihara gajah sang raja yang saat ini sudah tidak ada lagi.

Nah, yang menarik di objek Wisata Alun Alun Kidul Jogja ini adalah adanya permainan 'mistis' yang bernama Masangin, masangin ini di lakukan di tengah alun alun selatan dengan menutup mata kemudian berjalan ditengah-tengah dua pohon beringin besar yang ada disana, kelihatan nya memang mudah namun banyak juga pengunjung yang berbelok atau malah berbalik. Percaya atau tidak permainan mistis ini sedikit berhubungan dengan 'hubungan percintaan' kita. Pengunjung bisa menyewa penutup mata seharga 3500 rupiah saja.

Yang lebih menarik lagi adalah waktu  malam hari, di malam hari Alun Alun Selatan ini sungguh ramai akan pengunjung, apalagi ditambah dengan adanya tempat penyewaan sepeda yang sudah dimodifikasi digunakan pengunjung untuk mengelilingi alun alun kidul ini, selain itu disini juga terdapat berbagai macam pedagang kuliner khas Jogja, bagaimana ? Tertarik untuk mengunjungi Wisata Alun Alun Kidul Jogja ini ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar